Pengertian Sepak Bola: Sejarah, Teknik Dasar Hingga Manfaatnya

Pengertian Sepak Bola Sejarah, Teknik Dasar Hingga Manfaatnya

Memahami pengertian sepak bola menjadi penambah informasi tentang salah satu olahraga terpopuler di dunia ini.
PENGERTIAN sepak bola adalah salah satu permainan bola besar yang didalamnya terdiri dua tim akan berlawanan satu sama lain. Jumlah pemain sepak bola dalam satu regu adalah 11 orang.

Kedua tim bertanding dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawannya, dan berusaha mempertahankan gawang timnya dari kebobolan.

Seluruh anggota tubuh boleh digunakan untuk bermain, kecuali tangan. Namun untuk kiper, mereka diperkenankan untuk bermain dengan seluruh anggota tubuhnya.

Sejarah Sepak Bola

Usai mengetahui tentang pengertian sepak bola, hal lain yang harus diketahui adalah tentang sejarah sepak bola. Sejarah sepak bola cukup panjang, di mana ada yang mengatakan olahraga tersebut dari China, dan adapula yang mengatakan dari Inggris.

Namun yang benar adalah sepak bola berasal dari China, tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Han pada abad kedua masehi hingga tiga masehi. Pada zaman itu, sepak bola dikenal dengan nama ‘Thu Chu’, dan bola dibuat dari kulit binatang yang digulung-gulung. Setelah itu, sepak bola terus berevolusi hingga akhirnya memiliki wadah bernama FIFA yang dibentuk pada 21 Mei 1904.

Teknik Dasar Sepak Bola
Setelah mengetahui pengertian sepak bola dan juga sejarahnya, pengetahuan lain tentang sepak bola yang harus diketahui adalah teknik dasar permainannya.Sepak bola memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemainnya, dan berikut ini teknik-teknik dasar tersebut.

Dribble
Dribble adalah menggiring bola, sebuah teknik membawa bola dengan mengontrol laju bola yang sedang dibawa.

Menendang
Sekilas teknik ini mudah untuk dilakukan. Namun kenyataannya, menendang memerlukan teknik tersendiri, yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.

Mengumpan
Teknik dasar yang satu ini sangat penting sekali, bisa dikatakan mengumpan merupakan roh dari permainan sepak bola. Tanpa adanya umpan, tim sepak bola akan gagal meraih kemenangan karena kerja sama tim tidak berjalan.

Kontrol
Kontrol adalah teknik menghentikan bola. Kontrol memiliki peran penting dalam pertandingan, yaitu menjaga ritme permainan, dan menjaga penguasaan bola agar permainan lawan tidak berkembang.

Sundul
Dalam permainan sepak bola, duel udara sudah pasti terjadi karena adanya umpan silang dan juga umpan lambung. Oleh karena itu, teknik ini harus dikuasai agar pemain lawan tidak mencetak gol dari sundulannya.

Lemparan ke dalam
Teknik dasar sepak bola yang satu ini merupakan teknik termudah, karena pemain hanya perlu melemparkan bola ke pemain lain. Meskipun mudah, teknik ini harus dilakukan dengan baik agar bola benar-benar tertuju ke rekan tim sehingga tidak direbut oleh pemain lawan.

Tekel
Tekel adalah merebut bola dari pemain lawan dengan meluncurkan diri, dan teknik ini tidak mudah untuk dilakukan. Kebanyakan para pemain gagal melakukan tekel dengan bersih, bahkan sebagiannya justru mencederai pemain lawan.

Intersep
Intersep adalah memotong operan atau umpan lawan. Setiap pemain wajib memiliki keterampilan ini, khususnya para pemain bertahan.

Juggling
Teknik ini jarang digunakan saat pertandingan berlangsung. Meskipun begitu, semua pemain harus menguasai juggling. Juggling merupakan teknik mempertahankan bola agar tetap di atas, dan tidak menyentuh tanah sama sekali.

Menjaga gawang.
Teknik menjaga gawang atau yang dikenal juga dengan goalkeeping adalah teknik yang harus benar-benar dikuasai oleh kiper. Dengan menguasai teknik ini, kiper bisa menghalau bola agar tidak masuk ke gawangnya. Teknik menjaga gawang terdiri dari menangkap, menepis, dan memblok bola.

Peraturan Dasar Sepak Bola

Pengertian sepak bola hingga teknik dasar permainan telah diketahui, dan pembahasan selanjutnya adalah peraturan dasar sepak bola.

Lama permainan

  • Durasi normal permainan sepak bola adalah 2×45 menit dengan waktu istirahat di antara kedua babak selama 10 menit.
  • Apabila di waktu normal ternyata skor masih imbang, pertandingan akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu selama 2×15 menit.
  • Jika di babak perpanjangan waktu skor tidak berubah, pertandingan akan dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

 

Aturan mencetak gol

  • Tim yang mencetak gol paling banyak dinyatakan menang, dan gol boleh dicetak dari semua anggota tubuh, kecuali tangan.

Kickoff

  • Kickoff adalah tendangan dari titik tengah lapangan yang menjadi pertanda dimulainya pertandingan setelah peluit wasit berbunyi.

Offside

  • Seorang pemain dikatakan offside ketika berada di belakang pemain terakhir lawan, dan peraturan offside ini biasanya dimasukkan ke dalam strategi permainan.

Lemparan ke dalam

  • Lemparan ke dalam terjadi ketika bola keluar ke garis samping lapangan. Tim yang mendapatkannya adalah tim yang tidak menyentuh bola terakhir kali.

Kartu kuning

  • Kartu kuning merupakan peringatan yang diberikan wasit kepada pemain agar tidak melakukan pelanggaran keras untuk kedua kalinya.
  • Apabila seorang pemain mendapatkan dua kartu kuning, wasit akan memberikan kartu merah, dan pemain tersebut harus keluar dari pertandingan.

Kartu merah

  • Kartu merah dikeluarkan oleh wasit ketika seorang pemain sengaja memukul, menendang, berkata kasar, hingga meludahi pemain lain.

Tendangan bebas

  • Tendangan bebas terdiri dari dua macam, yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung.
  • Tendangan bebas langsung adalah tendangan yang langsung diarahkan ke gawang tanpa menyentuh teman satu tim.
  • Adapun tendangan bebas tidak langsung harus menyentuh teman satu tim, kemudian baru dilepaskan ke arah gawang.

Tendangan penalti

  • Ketika pemain lawan handball atau melakukan pelanggaran keras di kotak penalti, tendangan penalti akan diberikan kepada tim yang pemainnya dilanggar.

Tendangan sudut

  • Tendangan ini akan diberikan kepada tim yang tidak menyentuh bola terakhir di area sudut garis yang sejajar dengan garis gol.

Tendangan gawang

  • Tendangan gawang terjadi ketika seorang pemain menyentuh bola hingga keluar melewati garis gawang tim lawan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Setelah mengetahui pengertian sepak bola, teknik dasar permainan, dan peraturan dasar, pengetahuan lain yang harus diketahui adalah ukuran lapangan sepak bola.

Berikut ini ukuran lapangan sepak bola standar FIFA:

  • Panjang: 100 – 110 meter
  • Lebar: 64 – 75 meter
  • Lingkar tengah radius: 9,15 meter
  • Kotak penalti: 40,3 x 16,5 meter

Manfaat Bermain Sepak Bola

Pengertian sepak bola hingga ukuran lapangan telah dijelaskan. Sekarang, pembahasan lain yang juga harus diketahui adalah manfaat dari bermain sepak bola.

Berikut ini beberapa manfaat bermain sepak bola:

  • Meningkatkan kebugaran
  • Menurunkan risiko jantung
  • Mengontrol berat badan
  • Menjaga kekuatan otot

Itulah pembahasan terkait pengertian sepak bola, sejarah, teknik dasar permainan, peraturan dasar, ukuran lapangan, hingga manfaat dari bermain sepak bola.