Studi: Ibu Menyusui Tetap Bisa Sukses Bekerja dan Memberikan ASI

Momen menyusui merupakan moment sheva estate yang sangat mengesankan membuat tiap tiap perempuan. Sejauh ini sendiri, masih tersedia banyak perbedaan pendapat berkenaan aktivitas menyusui bersama ketetapan Mom dalam senantiasa bekerja. Tidak sedikit orang yang beranggap menyusui sambil bekerja tidak efisien atau maksimal. Tapi, tidak sedikit pula orang yang menolong ketetapan Mom senantiasa bekerja sambil menyusui.

Untuk menjawab perbedaan pendapat ini, seiring bersama perayaan Pekan ASI Sedunia 2023 bertema “Mengaktifkan Menyusui: Membuat perbedaan bagi orang tua yang bekerja”, Health Collaborative Center mengutarakan kecuali ibu bekerja senantiasa dapat sukses beri tambahan ASI terbaiknya ke buah hati. Dalam artian, ibu menyusui senantiasa dapat sukses dalam bekerja maupun menyusui.

57% Masyarakat Indonesia Percaya, Ibu Bekerja Tetap Bisa Sukses Menyusui

Dalam temuannya, Ketua dan Peneliti Utama HCC Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK mengutarakan kecuali 57% responden berasal dari 1650 yang mewakili seluruh penduduk Indonesia, yakin dan yakin bahwa ibu bekerja dapat sambil menyusui. Keduanya dapat sukses bersama, baik di dunia pekerjaan atau dalam beri tambahan yang terbaik untuk buah hati.

Yang lebih menarik lagi, dalam temuan ini 7 berasal dari 10 responden pria, memberi dukungan 3 kali lebih besar ke istri untuk senantiasa bekerja sambil menyusui. Analisis lanjutan perlihatkan kecuali ibu bekerja tidak boleh kehilangan pekerjaannya dikarenakan menyusui. Jadi, tidak tersedia alasan bagi ibu bekerja mengalami rintangan dalam kesuksesan menyusui.

Dukungan Sekitar Berperan Penting Pada Ibu Bekerja Menyusui

Dr. Ray mengutarakan kecuali sepanjang dukungan berasal dari orang-orang sekitar, lingkungan, nutrisi sehari-hari dan kesehatan mental baik, ini menolong ibu bekerja dapat bersama gampang menyeimbangkan pekerjaan atau perannya sebagai ibu.

Ia mengatakan, “Dukungan sangat penting. Ini kunci utama. Terutama dukungan berasal dari orang kira-kira terutama suami, orang tua, mertua dan lain-lain. Tanpa dukungan, mengetahui ini mengalami hambatan. Tapi bersama dukungan, ini dapat sukses keduanya.”

Selain dukungan berasal dari orang sekitar, dukungan berbentuk peralatan menyusui yang optimal, ada ruang laktasi di tempat kerja, nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari, dapat menjadi kunci kesuksesan menyusui berikutnya. Perspektif penduduk berkenaan menyusui di tempat kerja dan peran pemerintah dalam mengedukasi penduduk berkenaan pentingnya menyusui, tak kalah mutlak dalam kesuksesan bekerja sambil menyusui.

Semua Pekerjaan Memungkinkan Ibu Sukses Menyusui

Foto Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK/copyright Health Collaborative Center (HCC)
Lantas, style pekerjaan apa yang membuat Mom sukses menyusui? Dr. Ray menyatakan kecuali seluruh pekerjaan berpotensi menyukseskan aktivitas menyusui untuk ibu bekerja. Mom yang bekerja di kantor atau buruh pabrik, sama-sama dapat beri tambahan yang terbaik untuk buah hati tanpa meninggalkan pekerjaannya. Semoga Info ini bermanfaat.